Minggu, 21 April 2024

Manfaat Kopi yang jarang Disadari oleh kita

Manfaat Kopi yang jarang Disadari oleh kita

Di Indonesia, Minum kopi merupakan salah satu bagian rutinitas penting yang banyak dilakukan orang. Namun, mungkin diantara penikmat kopi masih banyak yang belum menyadari betapa banyak manfaat biji kopi untuk kesehatan.

Setidaknya, sebagaimana dilansir laman society19 (5/1/2020) ada 10 Manfaat kopi untuk kesehatan yang jarang disadari banyak orang.

Kopi sangat berguna untuk meningkatkan kewaspadaan dan menambah energi. Hal ini disebabkan kandungan kafein dalam kopi mampu memblokir salah satu senyawa kimia dalam otak (adenosin) yang berfungsi memperlambat aktivitas otak manusia. Setelah minum kopi, otak akan memperbanyak produksi senyawa kimia (dopamin) sehingga menimbulkan peningkatan suasana hati dan membuat indra seseorang menjadi lebih aktif.

Kopi juga mampu meningkatkan metabolisme. Berdasarkan penelitian, kopi mampu meningkatkan metebolisme tubuh antara 3 – 11 persen. Di dalam tubuh, kadar keton biasanya akan meningkat saat kopi dicerna. Keteon dalam tubuh sangat penting untuk membakar lemak tubuh.mengurangi keinginan makan dan menambah energi.

Kopi diyakini menjadi sumber vitamin. Dalam kopi terdapat vitamin B2 yang mampu mengurangi rasa sakit yang disebabkan migrain, di dalamnya ada juga kalium yang sangat membantu untuk mencegah kembung, stroke dan batu ginjal. Kopi juga mengandung magnesium yang sangat berguna untuk melawan gejala depresi, mengurangi migrain dan menurunkan tekanan darah.

Kopi mampu mengurangi depresi dan menambah kebahagiaan. Berdasarkan sebuah studi di tahun 2011, penelitian menunjukkan bahwa wanita yang rutin minum kopi 4 cangkir setiap hari memiliki peluang yang lebih rendah untuk terkena depresi dibangdingkan wanita yang tidak minum kopi. Faktanya, kopi bisa mengurangi risiko jenis kanker tertentu. Berdasarkan penelitian, orang yang rutin minum kopi memiliki eluang lebih rendah sebesar 40% untuk terkena kanker hati dari pada yang tidak minum kopi. Riset lainnya membuktikan bahwa orang yang minum kopi 4 sampai 5 cangkir sehari bias mengurangi peluang terkena kolesterol sebesar 15 – 25 %.

Kopi juga berperan sebagai sumber antioksidan. Secangkir kopi mengandung lebih banyak antioksidan jika dibandingkan dengan secangkir jus raspberry, jus anggur dan sajian buah lainnya. Antioksidannya ditemukan langsung dalam biji kopi itu sendiri. Antioksidan yang berasal dari kopi mampu mengurangi peradangan.

Kopi bisa mengurangi risiko terserang penyakit tertentu. Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2008 membuktikan bahwa wanita yang minum kopi mempunyai kemungkinan lebih kecil untuk terserang penyakit kanker dan jantung. Dalam sebuah penelitian di jepang menunjukkan bahwa pria yang sering minum kopi secara rutin dan teratur memiliki peluang lebih rendah sebesar 24 % untuk meninggal dunia lebih awal dibandingkan dengan yang tidak minum kopi.

Kopi mampu meningkatkan kinerja fisik seseorang menjadi lebih baik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada tahun 2007 diungkap bahwa atlet yang rutin minum dua cangkir kopi setiap hari dapat mengurangi ketidaknyamanan dan rasa sakit otot sebesar 48 %.

Kopi juga diyakini mampu mengurangi risiko kanker pada kulit. Kandungan vitamin B3 dalam kopi secara signifikan membantu menurunkan risiko melanoma dan kanker kulit.

Dalam sebuah penelitian terbaru, sebagaimana dikutip dari Medical New Today (4/1/2020), kafein dalam kopi memiliki efek anti obesitas. Penelitian dalam makalah Journal of Functional Foods ini menunjukkan kafein bisa mengurangi lemak dalam tubuh jika seseorang minum kopi secara rutin 4 cangkir setiap hari.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh seorang dokter di australia, dr. James Liew. Ditemukan bahwa kopi mampu mengurangi asam urat, hal ini bukan karena kafein yang terkandung dalam kopi, namun zat dalam kopi itu sendiri yang berperan mengurangi asam urat.

Sederhananya, banyak sekali orang yang meminum kopi namun jarang mengetahui khasiatnya yang luar biasa ini. Kopi bukan hanya minuman biasa, lebih dari itu kopi mampu menjaga kesehatan tubuh dan mengurangi risiko beberapa penyakit yang berbahaya bagi seseorang.


Penulis: Eni Gandasari

Other article you may like

Minggu, 21 April 2024

Manfaat Kopi yang jarang Disadari oleh kita

Di Indonesia, Minum kopi merupakan salah satu bagian rutinitas penting yang banyak dilakukan orang. Namun, mungkin diantara penikmat kopi masih…

Sabtu, 20 April 2024

Take Action, Don’t Talk Only

1000 TEORI akan Kalah dengan 1 Ilmu Yaitu ACTION.Awal nya Saya hanya Pengolah TRADITIONAL COFFEE yang memang KOPI WARISAN DARI…

Sabtu, 20 April 2024

Luar Biasa, Manfaat Kopi Herbal Untuk Kesehatan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tanaman herbal sangat bermanfaat bagi kesehatan. Hampir semua orang, setiap daerah memiliki tanaman herbal yang…